Jenderal Makbul Batal Datangi Sidang Jenderal Susno

Jenderal Makbul Batal Datangi Sidang Jenderal Susno
Selasa, 16 November 2010 , 16:20:00 WIB

Laporan: Kristian Ginting

SUSNO/IST

Sidang kasus suap PT Salma Arowana Lestari (SAL) yang melibatkan Mantan Kabareskrim Mabes Polri, Susno Duadji kembali digelar, Selasa siang (16/11) di PN Jakarta Selatan.

Adapun saksi yang dihadirkan adalah Wenni Sabu, pegawai Bank BCA. Dalam kesaksiannya, Wenni mengatakan betul ada transaksi penarikan tunai Rp 500 juta, yang dilakukan oleh nasabah yang bernama Haposan Hutagalung.

Kesaksian Wenni hanya berlangsung dalam hitungan menit.

Susno, sebagai terdakwa hanya mengatakan, “Tidak ada tanggapan dari saya.”

Setelah itu, saksi lain yang seharusnya dihadirkan adalah Baginda Harahap, office boy di kantor Haposan Hutagalung dan Makbul Padmanegara, mantan Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri).

Akan tetapi, kedua orang itu tidak dapat menghadiri persidangan.

Karena itu, Majelis Hakim, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan penasehat hukum Susno mengambil kesepakatan membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) kedua saksi tersebut.

Keterangan Makbul dalam BAP yang dibacakan dalam persidangan mengatakan, tidak memberi perintah apapun kepada Kabareskrim, yang ketika itu dijabat oleh Susno Duadji terkait kasus PT SAL.

Makbul baru memberi disposisi setelah Susno membuat disposisi kepada Direktur Direktorat I Mabes Polri yang dijabat oleh Badroidin Haiti.

Adapun disiposisi yang dibuat oleh Makbul kepada Susno dilakukan sebanyak dua kali. Yaitu, pada bulan Mei dan Agustus 2009.

Isinya mempertanyakan kasus PT SAL yang sangat lambat dan agar Kabareskrim melakukan gelar perkara terhadap kasus PT SAL yang saling melaporkan antara Ho Kian Huat dan Anuar Salma. Dua nama ini mengklaim sama-sama pemilik PT SAL yang sah.

Usai membacakan BAP Makbul, Susno memberikan tanggapannya.

“Keterangan itu ada yang tidak benar. Saya akan memberikan tanggapan pada saat pembelaan, karena orangnya (Makbul) tidak ada,” kata Susno.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s