Ota Indikasikan Patrialis Akbar Harus Tanggung Jawab

GAYUS KELUAR RUTAN
Ota Indikasikan Patrialis Akbar Harus Tanggung Jawab
Jum’at, 12 November 2010 , 14:52:00 WIB

Laporan: Kristian Ginting

PATRIALIS AKBAR/IST

 Meski ditolak sebagian kalangan, termasuk Setara Institute, Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum tetap turun tangan mengusut kasus terdakwa mafia pajak Gayus Tambunan yang mudah keluar masuk dari Rumah Tahanan Markas Komando Brimob Kelapa Dua Depok.

Anggota Satgas, Mas Ahmad Santosa menjelaskan, Satgas telah membentuk tim yang beranggotakan tujuh orang. Kata Ota, panggilan akrabnya, tim sudah bekerja dalam tiga hari ini dari tujuh sampai sepuluh hari yang direncanakan.

“Kita mencoba mencari fakta yang obyektif karena masih simpang siur,” kata Ota usai diperiksa sebagai saksi dalam kasus mafia pajak dengan terdakwa Haposan Hutagalung di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan (Jumat, 12/11).

Namun saat ditanya sejauh ini apa hasil sementara dari tim itu yang dibentuk oleh tim bentukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini, Ota enggan menjelaskan. “Nantilah tim masih bekerja,” jawabnya.

Namun, kata Ota, intinya Rutan Mako Brimob itu adalah cabang dari Rutan Salemba. Masih menurut dia, PP 58/1999 yang mengatur tentang perawatan tahanan merupakan pertanggungjawaban Menteri. Dan kalau pertanggungjawabanya itu menjadi tanggung jawab Kepala Rutan, lanjutnya, akan dilihat sistemnya.

“Nah, sistem itu apakah bekerja atau tidak. Karena bagaimanapun sistem permasyarakatan diatur oleh Menkum HAM (Patrialis Akbar),” katanya.

Oleh sebab itu, kata Ota, tim ini tidak terbatas hanya memeriksa anggota Polri. ” Tapi kita juga harus lihat Kepala Rutannya (Salemba) itu melakukan apa, juga Kepala Divisi Permasyarakatan Wilayah DKI ini melakukan apa. Selain itu, Kanwilnya bagaimana, ini kan peristiwa yang terus berlangsung tak hanya kemarin,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s