Hotman Paris Hutapea Somasi Adnan Buyung Nasution

GAYUS KE BALI
Hotman Paris Hutapea Somasi Adnan Buyung Nasution
Senin, 22 November 2010 , 14:10:00 WIB

Laporan: Kristian Ginting

HOTMAN FARIS HUTAPEA/IST

 Adnan Buyung Nasution enggan mundur mendampingi Gayus Halomoan P Tambunan dalam kasus mafia pajak.

Terkait hal itu, pengacara senior Hotman Paris Hutapea mensomasi Buyung. Surat somasi Hotman dibagikan kepada wartawan tadi di Pengadilan Negeri Jakarta (Senin, 22/11).

Dalam surat itu, Hotman memperingatkan Buyung untuk tidak seolah-olah bertindak sebagai penyidik. Hal ini terkait dengan keinginan Buyung membongkar mafia pajak dan mafia hukum yang berkaitan dengan Gayus.  Lalu, disurat tersebut Hotman juga mengatakan, tugas utama sebagai seorang advokat adalah membela klien sesuai dengan undang-undang advokat.

Menurut Hotman dalam pernyataan tertulisnya, Buyung melakukan tindakan conflict of interest. Buyung dinilai Hotman, pura-pura menegakkan hukum dan membongkar kasus pajak. Akan tetapi, honor Buyung sebagai pengacara diterima dari pelaku mafia pajak itu, yakni Gayus sendiri.

Hotman juga menilai tindakan Buyung tidak dibenarkan dari sudut kode etik dan undang-undang advokat. Sehingga, kata Hotman, membuat publik menjadi bingung.

Buyung juga dinilai tidak konsisten dengan pernyataannya sebelumnya. Terkait dengan, apabila Gayus terbukti pergi ke Bali, Buyung akan mundur sebagai pengacara Gayus. Namun, sebut Hotman, faktanya Buyung tetap menjadi pengacara Gayus, dengan dalih ingin membongkar mafia pajak dan hukum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s