Ade Bantah BNP2TKI Tak Dipercaya Presiden Lagi

TKI DIBUNUH
Ade Bantah BNP2TKI Tak Dipercaya Presiden Lagi
Sabtu, 20 November 2010 , 13:18:00 WIB

Laporan: Kristian Ginting

PRESIDEN SBY/IST

 Persoalan yang menyelimuti Tenaga Kerja Indonesia sangat kompleks.

Karena itu, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI sedang melakukan pembenahan terhadap TKI, mulai dari perekrutan, pemeriksaan kesehatan, pelatihan dan memastikan si calon TKI memiliki kemampuan untuk bekerja.

“Oleh karena itu, kami (BNP2TKI) sedang membangun sebuah sistem, sebagai instrumen untuk mengawal proses itu semua,” kata Deputi Penempatan BNP2TKI, Ade Adam Noch dalam diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat dengan tema Pahlawan Devisa yang Tersiksa (Sabtu, 20/11).

Bagaimanakah sistem yang sedang dibangun BNP2TKI? Ade menjelaskan, BNP2TKI sedang membangun sebuah sistem informasi yang terkoneksi ke semua stakeholder, yang terlibat dalam proses penempatan TKI ke luar negeri.

“Memang sarana ini sedang dibangun, sebagaian sudah kami lakukan, sebagian lagi sedang dikembangkan. Ini dilakukan BNP2TKI sejak 2007 lalu. Namun, mulai 2008-2009 kami mulai lagi,” kata Ade.

Menurut dia, BNP2TKI, terdiri dari berbagai instansi yang terkait dan berada dibawah lembaga itu. “Seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kesehatan, Imigrasi dan lain sebagainya,” kata Ade.

Ade juga menjelaskan, BNP2TKI didesain untuk tidak mencampuri kewenangan antarinstansi masing-masing. “Lembaga ini hanya melakasanakan berbagai aturan-aturan yang dilakukan oleh kementerian. Dan betul badan ini sebuah institusi pemerintah,” ujarnya.

Terkait dengan penanganan persoalan TKI yang ada di Arab Saudi, saat ini BNP2TKI merupakan bagian dari tim yang dikirimkan pemerintah ke Arab Saudi. Karena itu dia menampik kalau lembaganya sudah tidak dipercaya oleh Presiden.

“Saya kira bukan karena BNP2TKI tidak dipercayai Presiden, kita juga bagian dari tim itu. Karena tim ini dipimpin oleh Kementerian, maka itu tidak menjadi porsi BNP2TKI. Tim ini adalah yang menangani terkait persoalan di Arab Saudi,” kata Ade berkilah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s